Rabu, 12/07/2017

5.792 Calon Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Balikpapan

Rabu, 12/07/2017

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

5.792 Calon Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Balikpapan

Rabu, 12/07/2017

logo

Ilustrasi

BALIKPAPAN – Sebanyak 5.792 calon jemaah haji tahun 2017 bakal berangkat dari Embarkasi Batakan, Balikpapan. Ribuan calon jemaah haji tersebut berasal dari Kaltim sebanyak 2.588 orang, Kaltara sebanyak 424 orang, Sulawesi Tengah (Sulteng) sebanyak 2.000 orang dan Sulawesi Utara (Sulut) sebanyak 715 orang, dan dibagi dalam 13 kloter.  Kloter pertama dengan jumlah 450 jemaah asal Balikpapan akan berangkat pada 29 Juli dan masuk ke asrama pada 28 Juli 2017.

“Secara total calon jemaah asal Balikpapan sebanyak 532 orang untuk tahun 2017, Balikpapan dibagi tiga kloter terdiri kloter 1, 4, 10. Calon jemaah haji asal Balikpapan itu rata-rata dengan usia 50 tahun. Mereka yang berangkat tahun ini pendaftaran yang dilakukan Februari 2010,” terang Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Balikpapan Shaleh, (12/7) kemarin.

Sebelum berangkat, lanjut Shaleh, pada 14-15 Juli 2017 calon jemaah haji melaksanakan manasik dan praktek terakhir. Sedangkan manasik tingkat kota dilakukan sebanyak dua kali dan tingkat kecamatan 8 kali. Selanjutnya setelah manasik, mereka harus menjaga kondisi fisiknya agar tetap prima sebelum berangkat. Pihaknya akan memberikan perhatian khusus bagi jemaah lanjut usia dan memiliki penyakit.

“Manasik sudah dilakukan, tinggal tingkat akhir pada 14 Juli nanti. Pemeriksaan kesehatan telah dilakukan, dan informasinya mereka juga akan dibagikan buku kesehatan. Jemaah usia lanjut dan jemaah berpenyakit beresiko juga terus dipantau oleh tim medis,” ujarnya.

Pada 2017 ini,  jumlah calon jamaah haji kota Balikpapan bertambah sebanyak 134 orang. Shaleh mengatakan jumlah itu mengalami peningkatan, apabila dibandingkan tahun lalu. “Tahun ini ada tambahan 134 orang. Tahun depan belum tahu lagi kuotanya. Yang jelas setiap tahun ada penambahan,” ucapnya.

Sementara itu sebanyak 240 calon jemaah asal Kabupaten Paser akan berangkat menuju ke Tanah Suci. Data tersebut

disampaikan Abdurrahman selaku Petugas Penyusunan Dokumen Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Paser. 

Dari 240 Jemaah haji ini, lanjut ia, terdiri dari laki-laki sebanyak 116 orang dan jemaah haji perempuan sebanyak 124 orang. Dimana, mereka telah memenuhi sejumlah persyaratan administrasi.

“Mereka (240 calon jemaah) telah memenuhi sejumlah persyaratan administrasi, seperti pembuatan pasport dan pelunasan biaya haji,” terangnya. 

Dikatakan, selain telah memenuhi sejumlah persyaratan administrasi, 204 jamaah haji tersebut sudah pula mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan di beberapa kecamatan. Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji asal Kecamatan Tanah Grogot, akan dilakukan dalam waktu dekat. “Dalam waktu dekat akan mengikuti tes kesehatan,” paparnya.

Lebih lanjut, Abdurahman mengatakan, bahwa pemberangkatan haji pada 2017 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, hanya dilakukan dengan sistem satu kloter saja.

“Kalau tahun sebelumnya, jemaah haji asal Paser berangkat dengan beberapa kloter, sedangkan tahun ini hanya satu kloter saja. Dan mereka akan berangkat menuju ke Tanah Suci dari embarkasi Balikpapan pada 10 Agustus mendatang,” pungkasnya. (din/sur)


5.792 Calon Jemaah Haji Bakal Berangkat dari Balikpapan

Rabu, 12/07/2017

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.