Senin, 10/07/2017

Kaltim dan Kalsel Siap jadi Ibu Kota Negara

Senin, 10/07/2017

Ilustrasi

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Kaltim dan Kalsel Siap jadi Ibu Kota Negara

Senin, 10/07/2017

logo

Ilustrasi

BALIKPAPAN - Bergulirnya wacana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia disambut baik oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

 Orang nomor 1 di Kaltim itu menyatakan kesiapannya jika dijadikan lokasi Ibu Kota Negara. “Saya sudah sampaikan, siap kalau Ibu Kota Negara pindah ke Kaltim,” tegasnya disela mengahadiri Upacara HUT ke-71 Bhayangkara di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Senin (10/7).

Dirinya optimistis, Kaltim memenuhi syarat dengan mengklaim infrastruktur sudah tersedia dengan baik. “Kaltim sudah memenuhi syarat karena sudah memiliki infrastruktur yang lengkap ada bandara internasional ada pelabuhan internasional ada jalan tol ada listrik yang cukup,” akunya.

Awang Faroek menyebut Kota Balikpapan menjadi lokasi strategis untuk berdirinya Ibu Kota Negara. Selain wilayah yang strategis juga akses jalan penghubung ke setiap daerah sudah tersedia baik. 

“Wilayah Balikpapan bagus, kita memiliki wilayah sangat bagus, Samarinda kita bangun coastal road nyambung ke jalan tol. Pendek kata kalau Kaltim dipercayakan jadi ibu kota kami siap melaksanakannnya,” jelasnya.

Dia juga mengaku usulan Kaltim menjadi Ibu Kota Negara sudah disampaikan sejak dua tahun lalu. “Tahun ini baru lebih intensif,” tegasnya.

Kendati demikian Awang menyerahkan semua keputusan ke PEmerintah RI. “Itu usaha panitia, saya hanya memberi masukan, (jika diminta) tahun ini sudah siap,” tambahnya.

Senada dengan gubernur, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi menyatakan Balikpapan cocok menjadi Ibu Kota Negara. Secara geografis dan kondusifitas keamanan masyarakat, Balikpapan sudah memenuhinya. 

“Saya kira sudah lama kita menyatakan bahwa Balikpapan adalah wilayah Kaltim menjadi daerah yang sangat memungkinkan menjadi ibu kota negara karena lahannya luas daerahnya tidak kena gempa dan situasinya juga baik. Saya kira baik kok kalau Kalimantan dijadikan salah satu pilihan oleh pemerintah pusat,” timpalnya.

Namun demikian dia mengakui masih perlu pembenahan dan penambahan fasilitas untuk berdirinya suatu Ibu Kota Negara. “Dari segi fasilitas tentu perlu pembenahan lagi karena itu kan tidak setahun dua tahun bahkan 20 tahun pasti ada persiapan lebih jauh,” timpalnya. 

Selain Kaltim, Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) merepons positif atas alternatif wacana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Sekretaris Daerah Kalsel, Abdul Haris Makkie mengatakan sudah menjalin komunikasi awal ke Kementerian Sekretariat Negara perihal wacana itu.

Menurut Abdul Haris, Presiden Joko Widodo dan Gubernur Sahbirin Noor, sudah saling singgung wacana pemindahan ibu kota negara ke provinsi di ujung selatan pulau Kalimantan itu. “Kan ada pembicaraan antara Presiden dan Gubernur, tentu kami harus siap. Ini sudah luar biasa karena Kalsel salah satu alternatif,” ujar Haris Senin (10/7).

Haris mengaku terus menghimpun data perihal kesiapan lahan bila Presiden Joko Widodo jadi menetapkan ibu kota negara pindah ke Kalimantan Selatan. Namun Haris masih mengunci mulut soal penentuan kabupaten/kota mana saja yang akan dijadikan pusat pemerintahan Republik Indonesia.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, hingga akhir kajian selesai pada akhir tahun ini, pemerintah tidak akan membahas soal lokasi pemindahan lahan ibu kota. 

Pemerintah pusat, kata Bambang, saat ini berfokus menimbang adanya kemungkinan pemindahan ibu kota yang juga efisien bagi duit negara. Kepastian lahan dan keterlibatan bantuan swasta menjadi salah satu topik utama kajian. (yud/tco)


Kaltim dan Kalsel Siap jadi Ibu Kota Negara

Senin, 10/07/2017

Ilustrasi

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.