Senin, 10/07/2017

TNI AU Akan Uji Coba Rudal Canggih

Senin, 10/07/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

TNI AU Akan Uji Coba Rudal Canggih

Senin, 10/07/2017

MAKASSAR - Komandan Detasemen (Danden) Hanud 472 Pasukan Khas (Paskhas) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Mayor Ferial mengatakan pihaknya akan mencoba meluncurkan empat unit oerlikon skyshield atau senjata tanpa awak di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bontobahari, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. 

Menurut dia, rudal itu merupakan generasi terbaru di kelasnya. Senjata yang sepaket dengan radarnya tersebut dilakukan uji coba dalam latihan pasukan khusus yang berlangsung selama tiga hari mulai 11-13 Juli.

“Peluncuran senjata baru milik TNI akan disaksikan belasan jenderal bintang satu dan dua. Mereka akan datang pada Rabu 12 Juli,” tutur Mayor Ferial melalui WhatsApp kepada Tempo, Senin (10/7).

Ferial menuturkan senjata itu termasuk tercanggih di dunia dengan memperagakan serangan musuh menembak drone berbentuk pesawat sebagai sasarannya. Empat unit oerlikon tersebut merupakan senjata pertahanan udara yang bisa menangkis serangan bawah dan udara. 

“Senjata ini canggih dikendalikan dalam sistem yang berada dalam satu ruangan. Drone itu akan ditangkap melalui radar kemudian ditembak,” ucap Ferial.

Karena itu, ia mengimbau agar masyarakat tak kaget jika mendengar dentuman besar. Sebab petugas akan melakukan penembakan ke arah laut dengan radius sejauh 30 kilometer. 

Selain itu, kata Ferial, TNI AU juga akan uji coba penembakan 200 butir peluru dari meriam penangkis serangan udara oerlikon yang merupakan senjata buatan Swiss dan diproduksi pada 2014.

“Meriam itu bekerja efektif sejauh empat kilometer dan mampu menghancurkan sasaran udara berupa pesawat jenis apa pun. Bahkan bisa menghancurkan rudal, roket dan mortir yang datang menyerang,” ujarnya. 

Menurut Ferial sekitar 150 personel TNI AU juga akan turut hadir menyaksikan uji coba untuk pertama kalinya di Bulukumba. Alasannya memilih lokasi Bulukumba lantaran diangap luas dan strategis serta wilayahnya masih kurang dilewati kapal atau pesawat. (tco)


TNI AU Akan Uji Coba Rudal Canggih

Senin, 10/07/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.