Rabu, 13/12/2017

Vaksin Difteri Belum Dinyatakan Halal

Rabu, 13/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Vaksin Difteri Belum Dinyatakan Halal

Rabu, 13/12/2017

JAKARTA – Imunisasi wajib dilakukan untuk mencegah anak-anak terjangkit bakteri difteri. Namun masih ada orang tua yang khawatir, apakah imunisasi difteri itu halal atau haram dilakukan. 

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid menjelaskan, hingga saat ini LPPOM MUI belum menerbitkan sertifikat halal terkait imunisasi difteri. 

“Sampai saat ini LPPOM MUI belum pernah menerima pendaftaran dan permintaan pemeriksaan kehalalan vaksin difteri dari pihak manapun. Sehingga MUI belum pernah menerbikan sertifikasi halal terhadap vaksin tersebut,” kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (12/12). 

Namun ia mengatakan, hukum dasar imunisasi adalah boleh (mubah) sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu. “Namun begitu, vaksin yang digunakan dalam imunisasi harus halal dan suci,” ungkapnya. 

Namun ketentuan hukum itu tidak berlaku digunakan pada kondisi darurat yaitu suatu kondisi keterpaksaan yang apabila tidak dilakukan tindakan imunisasi dapat mengancam jiwa manusia (mudarat). 

“Atau dalam kondisi hajat yaitu kondisi keterdesakan yang apabila tidak dilakukan tindakan imunisasi maka akan dapat menyebabkan penyakit berat atau kecacatan pada seseorang,” beber dia. 

“Harus dipastikan bahwa memang benar-benar belum ditemukan bahan vaksin yang halal dan suci dengan didukung keterangan tenaga ahli yang kompeten dan dapat dipercaya. Setelah ditemukan vaksin yang halal, maka pemerintah wajib menggunakan vaksin yang halal,” tutupnya. (kmp)


Vaksin Difteri Belum Dinyatakan Halal

Rabu, 13/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.