Yasin Ditemukan Sudah Tak Bernyawa


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 week ago     532 kali
img PETUGAS gabungan saat mengevakuasi jasad Yasin yang tenggelam di Sungai Gang Senyiur.

SAMARINDA – Berakhir sudah pencarian Muhammad Taha Yasin Maulana (14) bocah yang tenggelam di sungai Gang Senyiur, Jalan Teuku Umar, Kecamatan Sungai Kunjang, Selasa (5/12). 

Upaya pencarian yang dilakukan SAR bersama warga, sejak korban tengelam, akhirnya membuahkan hasil. Pada Rabu (6/12), jasad remaja bernasib malang itu akhirnya ditemukan sekitar pukul 15.30 WITA. Yasin ditemukan sudah dalam keadaan tak bernyawa. 

Informasi yang dihimpun Koran Kaltim di lokasi kejadian, jasad Yasin ditemukan tidak jauh dari lokasi ia tengelam. “Tidak terlalu jauh, sekitar 11 meter ke arah ilir,” kata Kepala Unit Siaga SAR Samarinda, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Dede Hariana, kemarin.

Jenazah yang ditemukan di dasar sungai itu kemudian dievakusi ke darat. Karena permintaan pihak keluarga, jenazah tersebut langsung dibawa ke rumah duka di Jalan Slamet Ryadi, Gang 7 Kecamatan Sungai Kunjang. 

Proses evakuasi mayat Yasin menjadi tontonan warga yang memang sejak kejadian sudah berada di sekitar lokasi pencarian korban. 

Untuk diketahui, sejak korban tengelam, SAR gabungan sudah turun melakukan pencarian. Kemarin, dua orang penyelam dari Detasemen B Pelopor Satuan Brimob Polda Kaltim sempat menyelam dengan perangkat alat selam  sekitar pukul 10.00 WITA. Tapi karena kondisi sungai tak memungkinkan pencarian sempat tak membuahkan hasil.

“Kita lakukan tiga kali penyelaman dengan areal pencarian hingga radius 100 menter dari lokasi tenggelamnya korban,” kata Danki SAR Brimob, IPTU Elan Suherlan. 

Ia menuturkan, penyelam menghadapi kendala derasnya arus air sungai dan juga jarak pandang. “Arusnya deras, kedalaman sungai sekitar tiga meter. Di sungai itu juga terdapat banyak tali pancing,” ujar Elan. 

Diberitakan sebelumnya, Yasin dikabarkan tenggelam saat berenang bersama lima orang rekannya. Dari keterangan rekannya, Yasin tenggelam ketika mencoba menyelamatkan seorang temannya yang nyaris tenggelam dan terbawa arus. Mereka saat itu tengah berenang sepulang sekolah. Samarinda yang diguyur hujan sejak pagi hingga sore hari membuat air sungai tinggi. Arus sungai juga tergolong deras karena mereka berenang di saat hujan sedang mngguyur Kota Tepian.

Saat berusaha menyelamatkan rekannya yang sudah lemas, mereka beramai-ramai menceburkan diri untuk menyelamatkan korban. Setelah berhasil menyelamatkan rekannya, ternyata hanya lima rekan korban berhasil selamat. DIketahui, Yasin tak muncul usai penyelamatan itu. (dor)



loading...

baca LAINNYA