Apple Pangkas Produksi iPhone X


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 bulan yang lalu     486 kali
img Ilustrasi

MESKI digadang-gadang bakal menjadi smartphone terlaris Apple, penjualan iPhone X nyatanya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Akibatnya, Apple terpaksa harus memangkas produksi smartphone dengan layar bezeless tersebut.

Menurut informasi yang diaporkan Nikkei, Rabu (31/1), Apple sendiri telah memangkas target produksi iPhone X hingga 50 persen.

Pemangkasan produksi ini diiringi dengan fakta di mana ada beberapa negara yang penjualan iPhone X-nya terus menurun, di antaranya seperti Amerika Serikat, Tiongkok, dan Eropa.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) tersebut bahkan juga telah memberikan informasi pihak penyuplai komponen soal pemangkasan target produksi.

Dengan demikian, jumlah unit produksi iPhone X yang seharusnya tersedia 40 juta unit pada kuartal pertama tahun ini, dipangkas menjadi 20 juta unit.

"Apple dipastikan akan mengurangi separuh target produksi untuk iPhone X dalam periode tiga bulan dari Januari tahun ini. Padahal saat dilepas ke pasaran pada November 2017, Apple menargetkan produksi iPhone X hingga 40 juta unit," tulis Nikkei dalam keterangannya seperti dilansir 9to5Mac.

Yang cukup dikhawatirkan, pemotongan produksi iPhone X justru memiliki efek domino bagi para pihak produsen komponen. Pasalnya, mereka sudah menghabiskan dana miliaran dolar untuk bahan baku pembuatan komponen iPhone X.

Kemudian, Nikkei juga mengungkap kalau perusahaan yang digawangi Tim Cook ini akan memangkas produksi layar OLED iPhone X. Disebut-sebut, Apple justru akan meningkatkan produksi model layar LCD.

Informasi ini seolah memperkuat prediksi analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, yang menngungkap bahwa Apple tengah mempersiapkan penerus iPhone X dengan layar LCD berukuran 6,1 inci.

Jika benar demikian, iPhone X terbaru ini bisa jadi dijual dengan harga yang lebih bersahabat dan dipercaya bisa membantu meningkatkan penjualan iPhone X yang cukup miris.

Walau produksi iPhone X dipangkas, Apple sepertinya tidak merencanakan hal yang sama pada varian iPhone 7 dan 7 Plus serta iPhone 8 dan 8 Plus.

Produksi kedua varian iPhone ini pada kenyataannya masih ditargetkan hingga 30 juta unit seperti yang sudah direncanakan sebelumnya. (l6c)


berita TERKAIT


baca LAINNYA