Dispar Kubar Lanjutkan Pembersihan Danau Beluq


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     622 kali
img Herman Alung

SENDAWAR – Guna mempercantik Danau Beluq di Kampung Dempar, Kecamatan Nyuatan, Kutai Barat (Kubar), Dinas Pariwisata (Dispar) Kubar terus menggiatkan pembersihan lingkungan perairan danau tersebut. Pembersihan sudah dilakukan sejak tahun lalu, namun akan masih berlanjut hingga saat ini.

“Tahun ini kelanjutan pembersihan Danau Beluq akan dimulai pada April hingga Juni mendatang. Danau Beluq merupakan salah satu obyek wisata yang oleh Dispar Kubar akan menjadi destinasi (tujuan) wisata, guna menarik wisatawan,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kubar, Herman Alung, Senin (12/2) di Sendawar.

Menurutnya, program Dispar Kubar pada 2018 ini adalah pengelolaan obyek wisata berbasis masyarakat. Artinya pengelolaan obyek wisata yang ada akan diserahkan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di kampung-kampung yang memiliki obyek wisata. Dia menyebut, jika dilakukan sinergi dalam pengelolaan obyek wisata diyakini kedepan akan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Begitu juga untuk pembersihan Danau Beluq, kita merencanakan pembersihan areal danau dilakukan lagi tahun ini. Sedangkan untuk pengelolan selanjutnuya, oleh Pokdarwis, di kordinir oleh kepala kampung. Dinas Pariwisata tetap akan menjalankan perannya yaitu berupa pembinaan, pembimbingan dan fasilitasi dalam hal perencanaan peningkatan sumber daya manusia,” urainya.

“Untuk destinasi wisata Danau Beluq, peran bersama masyarakat sebagai pengelola dalam pemberdayaannya sangat diharapkan,” bebernya.

Herman Alung mengungkapkan bahwa Dinas Pariwisata Kubar tahun ini akan menggiatkan sejumlah obyek wisata alam di Kubar, guna menarik wisatawan datang. Selain Danau Beluq, beberrapa obyek wisata alam lainnya yang akan di majukan tahun ini adalah obyek wisata alam Gunung Es di Kecamatan Linggang Bigung.

“Bahkan promosi kita gencarkan, karena selain wisatawan lokal juga mancanegara agar bisa datang ke Kubar. Selain wisata alam, Dinas Pariwisata Kubar juga mempromosikan wisata budaya,” tukasnya. (imr)






baca LAINNYA