BANGGA, MAN 2 KUKAR LUNCURKAN PERPUSTAKAAN ONLINE


korankaltim
korankaltim
Rais Budiarto     3 bulan yang lalu     132 kali
img Laman Perpustakaan Online MAN 2 KUkar

Kukar (Madrasah) – MAN 2 Kutai Kartanegara telah meluncurkan perpustakaan online sehingga siswa dapat mengakses koleksi perpustaan melalui http://perpus.man2kukar.sch.id/.

Perpustakaan online adalah sebuah media perpustakaan yang dikelola secara online untuk berbagi alternatif bahan bacaan bagi mereka yang intens dengan internet, atau sekedar untuk bahan referensi menulis..

Kepala Perpustakaan MAN 2 Kutai Kartanegara, Kalsum Zaini Rasul, menyatakan bahwa pengembangan perpustakaan ini merupakan kerjasama antara pihak MAN 2 Kukar dengan Perspustakaan Universitas Mulawarman. Dengan onlinenya perpustakaan MAN 2 Kukar maka siswa akan dimudahkan mengakses berbagai ketersediaan buku, mempermudah pencarian buku, serta memudahkan manajemen pengelola perpustakaan.

“Dengan memaksimalkan peran perpustakaan secara online, diharapkan perpustakaan sekolah bisa mencetak siswa untuk senantiasa terbiasa dengan aktifitas membaca, memahami pelajaran, mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan karya bermutu. Sehingga pada akhirnya prestasi pun relatif mudah untuk diraih” harapnya.

Kalsum pun menyadari bahwa masih banyak kekurangan baik koleksi buku maupun fasilitas penunjang perpustakaan lainnya.

“Perpustakaan kami masih memiliki banyak kekurangan baik dari segi jumlah buku serta fasilitas lainnya, diharapkan semua kekurangan tersebut dapat dipenuhi. Walaupun kami masih memiliki banyak kekurangan tetapi kami akan tetap mengoptimalkan pelayan yang baik bagi pengguna perpustakaan” imbuhnya.

Sementara itu Kepala MAN 2 Kutai Kartanegara, Samuri, S.Pd., M.Si, menyatakan bahwa pengembangan perpustakaan ini merupakan keberpihakan dan komitmen yang kuat dari Madrasah untuk meningkatkan layanan kepada siswa untuk memperoleh  berbagai sumber ilmu sehingga meningkatkan literasi dan prestasi siswa.

Ditambahkan pula oleh Samuri, tugas perpustakaan dalam memajukan masyarakat sekolah melalui ilmu pengetahuan dan informasi harus diwujudkan secara efektif dan efisien. Masyarakat sekolah yang menjadi sasaran perpustakaan, mulai dari pihak manajemen sekolah, guru, siswa, pihak orang tua, dan segenap warga sekolah yang lain harus menjadi pintar dengan adanya perpustakaan sekolah. Khususnya siswa, yang menjadi obyek dari pada pembelajaran dan pengajaran, harus dikenalkan betapa pentingnya manfaat dari perpustakaan sekolah. Masyarakat sekolah yang sadar dengan kehadiran perpustakaan akan mewujudkan masyarakat yang gemar membaca/reading society. Begitu ironis ketika kita mengamati hasil dari sebuah penelitian yang menunjukkan dari 50 sekolah yang diteliti, ternyata 8 sekolah diantaranya tidak mempunyai perpustakaan. Bagaimana siswa dapat menghasilkan karya dan mengukir prestasi jika di sekolahnya tidak tersedia perpustakaan?

“Dengan peningkatan layanan perpustakaan melalui perpustakaan online di MAN 2 Kukar, saya berharap bahwa seluruh masyarakat Madrasah dapat mefanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya, khususnya siswa sebagai objek pembelajaran dan pengajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat membaca (literasi) serta membuka wawasan yang luas bagi seluruh komponen madrasah” harap Samuri. (rais)

berita TERKAIT

baca LAINNYA