Senin, 05/06/2017

Rita Bakal Pilih Pendamping Birokrasi

Senin, 05/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Rita Bakal Pilih Pendamping Birokrasi

Senin, 05/06/2017

TENGGARONG - Bakal calon Gubernur Kaltim, Rita Widyasari masih bungkam soal wakil yang akan mendampinginya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2018. Meski terus dikaitkan dengan sejumlah tokoh besar di Kaltim, tapi nampaknya Bupati Kukar ini tak mau buru-buru memilih pendamping.

Beberapa tokoh yang menjadi kandidat bakal calon wakil Gubernur Rita Widyasari sebenarnya sudah tergambar. Setidaknya dari para figur yang mendaftar menjadi bakal calonnya lewat Partai Golkar. Saat ini, seluruh calon pendampingnya tengah bersosialisasi ke kabupaten/kota di Kaltim, sekaligus menarik simpati para kader partai berlambang pohon beringin ini.

Sejumlah tokoh atau figur yang sudah melamar diantaranya Makmur HAPK mantan Bupati Berau dua periode. Makmur juga menjabat sebagai Ketua Harian di Golkar Kaltim dalam ‘kabinet’ Rita Widyasari. Ada mantan Walikota Bontang, Sofyan Hasdam, juga Wawali Samarinda, Nusyirwan Ismail dan mantan Wakil Gubernur Kaltim, Farid Wadjdy.

“Belum ada pilihan,” kata Rita Widyasari yang sudah mengantongi SK penetapan dirinya sebagai calon gubernur Partai Golkar.

Ketua Golkar Kaltim ini menjadi buah bibir di semua kalangan. Tampil sebagai kandidat satu-satunya perempuan, Rita digadang-gadang mengungguli kandidat lain. Bahkan survey Partai NasDem menempatkan bupati perempuan pertama di Kaltim ini sebagai peraih elektabilitas atau dikenal tertinggi. Para responden menyadingkannya dengan Nusyirwan Ismail, Wakil Wali Kota Samarinda yang juga kader NasDem.

Menurut Rita, penentuan nama wakilnya di Pilgub 2018 masih belum akan diumumkan dalam waktu dekat. Menurut dia nama resminya akan ditentukan jadwalnya oleh tim verifikasi Partai Golkar. 

“Belum (Waktu Penentuan wakil Gubernur), nanti tim verifikasi yang akan tentukan jadwal,” bebernya.

Meski masih bungkam, Rita Widyasari sedikit membocorkan kriteria bakal calon wakilnya di Pilgub 2018 mendatang. “(Syaratnya) Laki-laki dan paham birokrasi,” tegas Rita.

Jika melihat syarat wakil gubernur yang disebutkan Rita jumlah calon wakilnya bisa dikerucutkan. Makmur HAPK seorang politisi yang menjabat sebagai bupati. Karier Makmur bersama PArtai Golkar berlangsung sejak lama. Begitu pula dengan Sofyan Hasdam. Mantan Wali Kota Bontang ini malang melintang bersama Partai Golkar. Sekarang Sofyan Hasdam tercatat sebagai pengurus DPP Partai Golkar.

Berbeda dengan Nusyirwan Ismail dan Farid Wadjdy. Dua kandidat pendamping Rita ini memiliki latar belakang birokrat.

Nusyirwan Ismail sebelum menjabat sebagai wakil wali kota meniti karier di sekretariat PEmprov Kaltim. Nusyirwan terakhir menjabat sebagai Asisten Bidang Pembangunan Setprov Kaltim.

Begitu pula dengan Farid Wadjdy. Sebelum menjabat sebagai wakil gubernur berama Awang Faroek Ishak, Farid berlatar belakang sebagai Kepala Kanwil Departemen Agama Kaltim. Farid saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Samarinda.

Sejauh ini, Rita memang masih bergriliya melamar ke beberapa partai-partai yang membuka pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, seperti PKB hingga PDI Perjuangan. Tujuannya, untuk merangkul seluruh elemen di Kaltim membangun bersama kemajuan daerah.

Sesuai syarat pencalonan, Partai Golkar sudah memenuhi meski tanpa harus mendapat dukungan dari partai lain. Bermodal 12 kursi di Gedung Karang Paci, sudah cukup bagi Golkar mengusung pasangan calon. Syarat pencalonan pasangan gubernur dan wakil gubernur, partai atau gabungan partai memiliki 11 kursi di DPRD Kaltim. (ami)


Rita Bakal Pilih Pendamping Birokrasi

Senin, 05/06/2017

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.