Senin, 16/10/2017

Sejuta Rumah, BTN Salurkan Rp 155,9 T

Senin, 16/10/2017

ILUSTRASI

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Sejuta Rumah, BTN Salurkan Rp 155,9 T

Senin, 16/10/2017

logo

ILUSTRASI

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk ( BTN) menyatakan telah membiayai 1,44 juta unit rumah dengan nilai penyaluran kredit senilai Rp 155,9 triliun.

“Kontribusi Bank BTN sebagai integrator dalam program sejuta rumah tidak hanya dalam soal akses pembiayaan bagi seluruh lapisan nasabah tapi juga dalam menyokong sisi pasokan dengan kredit kontruksi bagi para pengembang,” ujar Direktur Utama BTN, Maryono dalam keterangannya, kemarin.

Tahun ini BTN menargetkan penyaluran kredit konstruksi dan KPR untuk 666.000 unit rumah hingga akhir tahun dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah, terdiri dari 504.122 unit untuk KPR subsidi dan 161.878 unit untuk konstruksi rumah non-subsidi, serta penyaluran KPR non-subsidi. 

Sementara itu per September 2017 BTN sudah merealisasikan KPR untuk  sekitar 167.000 unit rumah, dan sekitar 130.000 unit di antaranya adalah  KPR Subsidi.

Sementara yang mengalir dalam bentuk kredit konstruksi terdistribusi untuk kurang lebih 300.000 unit rumah.

Untuk menyukseskan Program Sejuta Rumah, diperlukan sinergi dari seluruh stakeholder, baik perbankan, pemerintah pusat, daerah dan pihak pengembang.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian PUPR telah banyak memberikan dukungan, di antaranya alokasi anggaran KPR subsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Lainnya yakni kemudahan perizinan bagi pengembang untuk mendirikan rumah bagi MBR lewat paket kebijakan ekonomi XIII dan pelonggaran loan to value atau rasio kredit terhadap agunan untuk KPR.

“Program sejuta rumah dapat lebih sukses dengan dukungan dari Pemda untuk menyediakan lahan misalnya membuat land bank atau bank tanah dan berkoordinasi dalam hal pendataan masyarakat yang perlu mendapat dukungan subsidi,” imbuh dia.

Maryono juga berharap peran swasta dalam mengalokasikan lahan perusahaan untuk membangun perumahan murah bagi karyawannya dengan skema bunga rendah atau bantuan uang muka.

“BTN akan memberikan dukungan yang kuat dalam program sejuta rumah dan akan lebih optimal jika semua pihak ikut berkontribusi meyukseskannya,” pungkas dia. (kc)


Sejuta Rumah, BTN Salurkan Rp 155,9 T

Senin, 16/10/2017

ILUSTRASI

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.