FAI Gelar Santiaji PPL


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     215 kali
img Mubarak

TENGGARONG- Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Kutai Kartanegara (Kukar) mennggelar Santiaji PPL, Sabtu (12/1) hari ini. Dekan FAI H. Mubarak mengatakan Santi Aji yang digelar hari ini sekaligus sebagai acara penandatanganan Mou bersama sekolah tingkat tinggi yang ada di Kukar.

“Santiaji PPL sekaligus Mou bersama delapan sekolah yang ada di Kukar diantaranya MAN II Kukar, SMA Al Munawwaroh Tenggarong, SMA Muggttjnhhammadiyah Tenggarong, MA PPKP, SMKN 1 Tenggarong, SMA IT dan SMA YPK. Kemudian dirangkai juga dengan pemberian wawasan komunikasi oleh pimpinan pesantren Al Hidayah Surabaya Pa

Mubarak mengungkapkan adapun bentuk kerja sama yang dilakukan bersama pihak sekolah ialah pendidikan berkelanjutan dalam bentuk penataran dan penyuluhan agama Islam, seminar pendidikan dan kewirausahaan serta praktikum pembelajaran bagi mahasiswa. Kerjasama profesional service, temu lapangan, kerjasama PPL, kerjasama penelitian dosen dan mahasiswa FAI, dan kerjasama dalam bentuk-bentuk lain sesuai kebutuhan sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak.

“Diharapkan nantinya para kepala sekolah, para guru sekolah yang akan dimasukkan oleh para mahasiswa ini nantinya menjadi role model bagi mahasiswa,” ungkapnya.

“Mereka nantinya akan kita latih dengan pola PPL yang baru. Tetap ada kunjungan lapangan dan mengajar tapi ditambah dengan lesson study, yakni mahasiswa bukan hanya mengajar di kelas tetapi juga akan menilai sejawatnya yang melakukan pengajaran,” imbuh Mubarak.

Mubarak menegaskan kerja sama ini penting dilakukan karena akan menghasilkan simbiosis mutualisme. Salah satunya bagi pihak fakultas akan menambah nilai akreditasi, yakni dengan menambah penilaian borang akreditasi kedepannya. “Di lain pihak ternyata kerjasama ini juga menambah point bagi mereka (sekolah, red) sehingga mereka untung kami juga untung.  Ini dirasa penting baik kerja sama maupun pola baru dalam PPL. Berbagai cara kita lakukan paling tidak menjadi barometer mempertahankan akreditasi B. Kalau ini terus dilakukan maka ke depan kami bisa mengusulkan prodi baru yang mudah-mudahan bisa menambah kredit point bagi FAI dan Unikarta secara keseluruhan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Ali Mukid mengatakan untuk pelaksanaan PPL peserta yang berjumlah sekitar 90 mahasiswa lebih akan mengikuti selama tiga bulan. “Seluruh mahasiswa FAI semester akhir yang berjumlah sekitar 90-an orang. Untuk santiaji dilaksanakan sehari dan PPL nya selama tiga bulan,” ucapnya. (*hei) 


baca LAINNYA