Kampung Warna-warni di Tanah Grogot Jadi Perhatian Wisatawan


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 minggu yang lalu     591 kali
img Kampung Warna-warni di Desa Janju di Kecamatan Tanah Grogot.


TANA PASER – Defisit anggaran harus disikapi dengan ide-ide kreatif agar mendapat sumber pemasukan lain, selain anggaran pemerintah.


Salah satu caranya bisa dengan memaksimalkan potensi wisata.


Seperti yang dilakukan Kepala Desa Janju, Kecamatan Tanah Grogot, Edy Karyadi. Ia dan warganya membangun kampung warna-warni. 


Ide yang awalnya hanya untuk membuat bersih lingkungan ini, justru menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke desa itu. "Seiring berjalan justru banyak pengunjung yang tertarik," ungkap Edy.


Banyaknya wisatawan yang berkunjung pasti akan berpengaruh terhadap perekonomian di desa itu. Ini bisa menjadi solusi di tengah anggaran yang menurun.


Haliansyah, Ketua Kelompok Pengelola Sarana dan Prasarana (KPP) berharap ide unik itu bisa membuat desa mereka dikenal dan ramai dikunjungi. “Saya harap dengan upaya ini kampung kami bisa lebih hidup dan ramai. Karena sampai saat ini kampung kami belum mendapatkan aliran listrik dari PLN,” harap Haliansyah.


Untuk memanjakan pengunjung, juga disediakan enam unit perahu yang bisa digunakan wisatawan untuk menikmati hutan mangrove.


Ke depan juga dibangun villa, flying fox, dan pantai mini. “Saya berharap dengan perubahan yang kami jalankan ini masyarakat bisa lebih sejahtera dan lingkungan di sini tidak tampak kumuh lagi," harap Edy. (*)




Penulis       : Dwi Cahyo

Editor          : Supiansyah




baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
7 menit yang lalu | dibaca 57 kali
img
korankaltim
korankaltim
8 menit yang lalu | dibaca 62 kali
img