Senin, 08/01/2018

PDAM Prioritaskan Sambung Air ke Desa-desa

Senin, 08/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

PDAM Prioritaskan Sambung Air ke Desa-desa

Senin, 08/01/2018

SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) diketahui memang belum merata untuk jumlah cakupan air bersih. Untuk kembali memikirkan kesejahteraan masyarakat Kutim dengan memenuhi kebutuhan masyarakat akan air dan listrik, Bupati Kutim Ismunandar, pada rapat Coffe Morning, di ruang Meranti, Senin (8/1).

Ismunandar meminta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua untuk mendata kembali mana saja desa yang berada di Kutim belum menikmati air bersih. “Untuk tahun ini kita akan fokuskan ke desa-desa yang belum miliki air bersih dan listrik, PDAM bisa di data berapa banyak jumlah desanya dan yang mana yang menjadi target awal,” katanya.

Meski Pemkab Kutim telah memperkirakan akan terealisasi sekitar setahun lagi, dan itu pun ditarget terealisasi mencapai 60 persen. Ismunandar mendorong pelayanan air bersih ini akan dilakukan PDAM Tirta Tuah Benua dengan mempersiapan infrastruktur, seperti sarana dan prasarana penunjang.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PDAM Titra Tuah Benua Aji Mirni Mawarni menjelaskan, pemerintah pusat melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) mulai tahun ini akan mulai berjalan, untuk wilayah kecamatan yang belum mendapatkan fasilitas layanan air bersih.

“Total ada 20 desa di Kutim yang akan mendapatkan program bantuan pusat tersebut. Kami bersama pemerintah telah menargetkan akan terealisasi untuk warga bisa menikmati air bersih lebih banyak lagi,” ujarnya.

Salah satu upaya pihaknya untuk merealisasikan target tersebut akan membangun Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) di kecamatan yang belum terjangkau air bersih, seperti IPA Maloy di Kecamatan Kaliorang.

“Tahun ini proses pembangunan pipa induk dari IPA Maloy di Kecamatan Kaliorang ke Sangkulirang segera dibangun. Sehingga warga Sangkulirang yang selama ini hanya bergantung pada air hujan atau sumur, dapat segera menikmati air bersih,” ujarnya. (yul1116)

PDAM Prioritaskan Sambung Air ke Desa-desa

Senin, 08/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.