Beasiswa Kaltim Cemerlang Tetap Dilanjutkan


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 minggu yang lalu     144 kali
img BEASISWA: Pemprov Kaltim tetap berkomitmen untuk menyalurkan beasiswa Kaltim Cemerlang yang selama ini sangat diandalkan dalam membantu pelajar dan mahasiswa dalam menempuh pendidikan.

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, Pemprov Kaltim sangat berkomitmen memajukan dunia pendidikan. Karena salah satu program prioritas pembangunan di Kaltim adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dikatakan, kualitas SDM Kaltim harus terus ditingkatkan agar dapat bersaing dengan SDM dari provinsi lain, bahkan negara lainnya di dunia pada era globalisasi  yang memungkinkan masuknya tenaga-tenaga kerja dari seluruh negara di dunia ke Indonesia,  termasuk Kaltim.

Mengantisipasi hal tesebut, Pemprov telah menyiapkan SDM berkualitas untuk masa mendatang melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dan Prestasi Gemilang) yang sudah berjalan sejak 2009 lalu hingga sekarang. “Pemprov memberikan beasiswa penuh. Karena diyakini Beasiswa Kaltim Cemerlang baik dalam maupun luar negeri adalah modal bagi peningkatan SDM, sekaligus sebagai investasi jangka panjang masa depan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kaltim,” kata Awang Faroek, belum lama ini. 

Dikatakan saat ini penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang sudah lebih 30 ribu orang. Sebagian besar penerima beasiswa sudah kembali ke Kaltim, tidak saja bisa bekerja di pemerintahan tetapi juga swasta. “Ke depan kita berharap Beasiswa Kaltim Cemerlang akan terus dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah,” ujarnya.

Disamping itu lanjut Awang Faroek, pendidikan di Kaltim  sudah memenuhi standar nasional yaitu pendidikan dengan daya saing tinggi dan berahlak mulia. Menuju perwujudan Kaltim sebagai island integrity, baik masyarakat maupun aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri termasuk anggota DPRD Kaltim harus memiliki integritas yang tinggi. 

Dikatakan kualitas  pendidikan sudah merata hingga seluruh wilayah Kaltim. Indikatornya terlihat dari keberhasilan pendidikan seperti rata-rata nilai UN maupun prestasi di berbagai lomba keterampilan siswa. “Percepatan pendidikan sudah merata dan berkualitas di 10 kabupaten/kota. Tidak lagi mendominasi  sekolah di wilayah perkotaan, semuanya sudah merata di segala bidang dan berkualitas pada semua jenjang,” kata Awang Faroek. (kgi)



baca LAINNYA