Senin, 25/12/2017

Ponsel Jadi Alat Atur Hemat Listrik

Senin, 25/12/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Ponsel Jadi Alat Atur Hemat Listrik

Senin, 25/12/2017

ILMU pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah sangat mungkin menjadi basis penciptaan teknologi yang berguna bagi banyak orang.

Sekelompok mahasiswa Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) mampu menciptakan teknologi dalam ponsel cerdas atau smartphone yang mampu mengontrol pemanfaatan listrik rumah tangga.

Asmara Nova Sutanto mahasiswa semester VII jurusan Multimedia Broadcasting, Agus Prasetiyo mahasiswa semester V jurusan Informatika, Ishomudien jurusan Informatika, dan Viqi Firdaus yang saat itu baru lulus dari jurusan Informatika menjadi pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2016 Kategori Digital.

Inovasi yang dihasilkan tiga mahasiswa tersebut diberi nama IonSmart. Mereka memberdayakan smartphone menjadi remote control dengan memanfaatkan teknologi internet of things (IOT) di dalamnya. Fungsi remote control diaplikasikan untuk mendigitalisasi sakelar-sakelar manual ke dalam smartphone. Dengan demikian, smartphone bisa menjadi semacam alat pengendali jarak jauh untuk mengoperasikan pemakaian listrik di rumah tangga.

Ketiga mahasiswa itu berprinsip, teknologi harus mempermudah kehidupan manusia, tetapi sekaligus tetap ramah terhadap lingkungan. “Kami optimistis, temuan ini akan bermanfaat bagi penghematan listrik dan memberi rasa nyaman bagi pemilik rumah karena dapat melihat status listriknya meski berada jauh dari rumah. Data-data tersebut bahkan dapat di-share,” ujar Agus Prasetiyo yang berperan sebagai Chief Technology.

Temuan mahasiswa PENS merupakan karya nyata yang bernilai ekonomis dengan manfaat sosial yang tinggi di tingkat rumah tangga, komunitas, bahkan negara.

Keberhasilan mereka tak lepas dari kegiatan inkubator bisnis di lingkungan kampus, yaitu PENSky Venture. Inkubator bisnis tersebut menjadi wadah bimbingan dan pengembangan kewirausahaan yang juga melibatkan warga lingkungan sekitar.

Para mahasiswa dapat mengikuti workshop tiap sebulan sekali. Pada setiap proyek, mahasiswa dibiasakan mandiri dan bebas berkarya.(kc)

Ponsel Jadi Alat Atur Hemat Listrik

Senin, 25/12/2017

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.