Rabu, 07/06/2017

Tim Siber Polres Awasi Akun Medsos

Rabu, 07/06/2017

OPERATOR di Polres Balikpapan tengah mengawasi postingan akun medsos

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Tim Siber Polres Awasi Akun Medsos

Rabu, 07/06/2017

logo

OPERATOR di Polres Balikpapan tengah mengawasi postingan akun medsos

BALIKPAPAN - Maraknya ujaran kebencian, hasutan maupun hoax terjadi di media sosial, Polres Balikpapan melakukan langkah preventif dengan membentuk tim patroli siber. 

Hal itu difungsikan guna mengoptimalkan pelacakan terhadap akun media sosial seseorang, yang patut diduga melakukan tindak pidana. 

Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta melalui Paur Subag Humas Polres Balikpapan Iptu D Suharto mengungkapkan, tim patroli siber melakukan pemantauan 24 jam terhadap seluruh akun medsos di Balikpapan.

“Kita sudah siap dengan patroli siber yang bekerja 24 jam dengan 4 operator yang sudah disiagakan di ruang video conference, siap memberikan pelayanan,” tegasnya.

Menurutnya di era serba digital, hendaknya masyarakat yang memiliki medsos untuk berhati-hati sebelum mengunggah.

“Hendaknya berhati-hati, jari-jarimu adalah harimaumu. Kita akan tindak dengan UU ITE jika terbukti mengarah ke tindak pidana tersebut seperti menyebarkan kabar hoax, menghujat, menghina seseorang bahkan merepost sesuatu yang bisa merugikan orang lain bisa ditindak,” ungkapnya.

Kendati demikian dia merinci bahwa tindak pidana tersebut masuk dalam ranah delik aduan. “Kita siap melakukan tindakan, karena delik aduan harus ada laporan dari yang dirugikan. Beberapa kasus yang sudah ada,”tegasnya.

Menurutnya ada beberapa akun medsos yang terdeteksi menyebarkan berita hoax yang bisa membuat warga menjadi resah. Di mana sebelumnya beredar di sebuah akun medsos terkait pengungahan maraknya gangster di Balikpapan. Padahal faktanya, kejadian itu tidak benar. Bahkan pihak kepolisian pun sudah melakukan penyelidikan dan dipastikan kabar tersebut hoax.

“Kita melihat dan melacak beberapa akun medsos saat ini mulai terdeteksi. Intinya bahwa pendidikan masyarakat untuk tidak mengunggah sesuatu yang belum memiliki sumber yang pasti,” sebutnya.

Suharto menambahkan tim patroli siber yang sudah berjalan sepekan ini, diharap maksimal dalam melakukan pemantauan. “Sangat efektif kita bisa pantau semua dengan peralatan IT dan petugas yang sudah dibekali kemampuan khusus,” demikian Suharto. (yud)


Tim Siber Polres Awasi Akun Medsos

Rabu, 07/06/2017

OPERATOR di Polres Balikpapan tengah mengawasi postingan akun medsos

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.