Alumni ITS Sumbang Halte


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 minggu yang lalu     115 kali
img ILUSTRASI halte (ISTIMEWA/NET )

BALIKPAPAN - Guna mendukung penggunaan gedung parkir Klandasan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Alumni Institut Teknologi Surabaya (ITS) Balikpapan membangun satu halte yang diresmikan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan ke-121 tahun, Jumat (9/2) lalu.

Pembangunan halte shuttle bus parkir gedung Klandasan ini menghabiskan dana sekitar Rp55 juta, yang merupakan kontribusi dari 250 alumni ITS yang ada di Balikpapan.

“Kami menyumbang sesuatu yang bermanfaat untuk warga kota Balikpapan. Kemudian kami diskusi dan membangun halte ini agar dapat bermanfaat dan dapat berkontribusi untuk pembangunan kota,” papar Ketua Alumni ITS Balikpapan Moko Priambodo, belum lama ini, seperti dikutip cendananews.com

Persiapan pembangunan halte sekitar tiga minggu karena materialnya juga harus kuat sehingga dapat bertahan lama. “Materialnya itu berupa kontruksi besi baja, ornamen Balikpapan dan listrik solar panel,” bebernya.

Wali Kota Rizal Effendi menyatakan halte Alumni ITS ini menjadi kado HUT kota yang juga, sekaligus dijadikan sarana belajar mendisiplinkan masyarakat, terutama saat naik turun kendaraan pada tempatnya.

“Kebetulan kita akan miliki shuttle dua Klandasan-Gunung Pasir. Harus dilatih masyarakat agar tertib naik turun di lokasi yang disediakan.

Kalau di Jakarta dan kota dunia itu tidak bisa seenaknya turun naik. Halte ini melatih kita apalagi kota ini kota yang tertib lalulintasnya,” jelasnya saat peresmian.

Dia juga sangat mengapresiasi kontribusi Alumni ITS yang berkecimpung di berbagai bidang usaha. Dengan bidang keilmuan yang dimiliki diharapkan ITS juga mengambil peran dalam pembangunan.

Selain itu, Rizal juga menyampaikan pesan agar instansi terkait melakukan monitoring keberadaan infrastruktur karena usianya yang sudah lama dibangun. Jangan sampai kejadian gedung yang runtuh.

“Saya minta jembatan penyeberangan depan plaza itu dimonitoring apakah kontruksinya masih baik. Kita harus mengantisipasi itu,” tandasnya. (cdn)


baca LAINNYA