TNI AU Lirik Calon Pangkalan Pesawat di Samarinda


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     3 bulan yang lalu     908 kali

BALIKPAPAN - Tampuk kepemimpinan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Balikpapan berpindah tangan. Sebelumnya dijabat oleh Kolonel Pnb Yani Ajat Hermawan, dan kini dijabat oleh Kolonel Pnb Muhammad Mujib. 

Ajat meminta kepada Danlanud saat ini, untuk bisa melanjutkan kerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kaltim, terkait adanya pangkalan udara yang berada di kawasan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, di Samarinda.

Dia mengaku selama menjabat sebagai sebagai Danlanud Balikpapan sudah melakukan hubungan komunikasi dengan Dishub Provinsi Kaltim. 

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dishub Provinsi. Kemungkinan nanti ada tempat TNI AU di Bandara Samarinda Baru (BSB),” kata Ajat, belum lama ini.

Dikatakan Ajat bahwa keberadaan bandara yang berlokasi di Ibu Kota Provinsi akan meningkatkan banyak keuntungan, khususnya pada aspek pertahanan udara di Kaltim.

 “Tentu pertahanan akan lebih strategis lagi. Kalau semakin besar tentu menjadi objek vital nasional,” katanya.

Namun demikian hingga kini masih menunggu keputusan Dishub Kaltim. Oleh sebab itu jajarannya juga diutus untuk melakukan koordinasi dengan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak. 

“Untuk penyediaannya secara teknis di lapangan sudah dikaji Kadishub. Kami sudah ada kerjasama, TNI AU dan Angkasa Pura. Bahwa bandara yang ada pangkalannya, atau pangkalan yang ada bandaranya,” jelasnya.

Di tempat yang sama Danlanud Balikpapan Kolonel Pnb Muhammad Mujib memastikan akan melanjutkan koordinasi tersebut, untuk menjalankan tugas pokok mendukung operasional dan latihan TNI Angkatan Udara.

 “Kami banyak berterimakasih atas kepemimpinan beliau. Kami akan berusaha melajutkan program-program tersebut,” timpalnya. (yud)

berita TERKAIT


baca LAINNYA