Rabu, 03/01/2018

Tahun Lalu Rp417 juta, Tahun Ini Mesti Rp630 juta

Rabu, 03/01/2018

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Tahun Lalu Rp417 juta, Tahun Ini Mesti Rp630 juta

Rabu, 03/01/2018

BALIKPAPAN - Dinas Kominfo Balikpapan membukukan capaian retribusi keberadaan tower telekomunikasi sepanjang 2017 lalu, sebesar RP417 juta, dari 350 tower yang berdiri di berbagai sudut kota Balikpapan. Tahun 2018 ini, target naik menjadi Rp630 juta.

Kepala Diskominfo Balikpapan Tatang Sudirdja mengatakan, meski ditarget naik tahun ini, Diskominfo belum bisa memastikan langkah berikutnya, misal menaikkan tarif retribusi tower.

“Insyaallah tercapai. Ada beberapa yang mengajukan tower. Nggak tentu lokasi berdasarkan kebutuhan pelanggan. Mungkin ada wilayah blankspot, (tower) ditambah,” kata dia, didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Irfan Taufik, kemarin.

Kota Balikpapan dalam penetapan retribusi tower, menggunakan perhitungan tarif tunggal yakni per tower dikenakan Rp1,9 juta lebih.

“ Itu per tahun. Semua kooperatif. Itu termasuk murah. Diatur Perda retribusi jasa umum. Kalau menaikan kan harus merubah Perda. Inii tidak mudah,” ujarnya.

Pihaknya dalam setahun melakukan pengecekan tower sebanyak dua kali untuk memastikan kelayakan dan keamanan. “Kalau teknis seperti itu, ada dinas teknis ya,” tambahnya.

Sementara Irfan menambahkan, seluruh kecamatan di Balikpapan sudah terdapat tower. Paling banyak, tower berada di wilayah perkotaan. “Hampir tidak ada area blankspot,”ujarnya.

Menyinggung penerapan tariff tunggal, menurutnya karena lebih simpel. dan hasilnya hampir sama jika menggunakan tarif variable. 

“Kalau variable, ada indeks-indeksnya dan itu ribet serta debatable. Makanya kita pakai tarif tunggal,” demikian Irfan. (din)

Tahun Lalu Rp417 juta, Tahun Ini Mesti Rp630 juta

Rabu, 03/01/2018

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.