Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Ambang Batas Langgar Konstitusi

Ambang Batas Langgar Konstitusi


korankaltim
korankaltim
2017-05-23 15:00:44
JAKARTA – Peneliti Konstitusi dan Demokrasi (Kode) Inisiatif, Adam Mulya menilai aturan ambang batas untuk pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) berpotensi melanggar hak konstitusional, jika diterapkan pada pemilu 2019.

Adam menyoroti kemungkinan lolosnya partai baru pada tahap verifikasi dan menjadi peserta Pemilu 2019.

“Misal Partai Perindo, Partai Idaman, lolos verifikasi, PSI juga (lolos verifikasi) untuk pemilu 2019, ketika diterapkan PT bagaimana untuk parpol baru? Ini akan menjadi inkonstitusional apabila parpol baru tak diakomodir,” ujar Adam usai mengisi diskusi di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (22/5) kemarin.

Menurut Adam, yang menjadi acuan dari presidential threshold adalah kursi anggota parlemen dari suatu partai. Oleh karena itu, presidential treshold dapat diterapkan jika partai peserta pemilu telah mengikuti kontestasi pada pemilu sebelumnya.

Sedangkan pada 2019, pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden akan dilaksanakan secara serentak.”Itu kan akan jadi dualisme. Di satu sisi akan menerapkan pemilu serentak, tapi di sisi lain menerapkan PT tapi tidak mengakomodir parpol baru,” kata Adam.

Terkait presidential threshold yang masih menjadi polemik dalam pembahasan RUU Pemilu di DPR, sudah mengerucut menjadi tiga opsi, yakni 0 persen, 20-25 persen, dan 5 persen usulan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan pendapatnya. Mendagri Tjahjo Kumolo tegas mengatakan, Pemerintah menolak ambang batas 0 persen. Berarti, harus ada pembahasan yang mengarah ke angka minimal untuk partai yang boleh mengusulkan nama presiden. (kc)

loading...

baca LAINNYA