Rabu, 15/11/2017

Upayakan Tarik Investasi yang Melalui Sektor Kelistrikan

Rabu, 15/11/2017

Sutrisno Toha

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Upayakan Tarik Investasi yang Melalui Sektor Kelistrikan

Rabu, 15/11/2017

logo

Sutrisno Toha

SAMARINDA - Perkiraan kembali turunnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim 2018, harus dijadikan cambuk untuk lebih menggali berbagai potensi peningkatan pendapatan daerah.

Anggota DPRD Kaltim Sutrisno Toha mengatakan, sebenarnya Kaltim bisa mengupayakan peningkatan pendapatan daerah melalui sejumlah investasi, serta pemanfaatan pengelolaan sumber daya alam yang terbaharukan.

Adapun bentuk investasi dimaksud salah satu contohnyaa adalah pengembangan sektor kelistrikan berbahan baku sumber daya alam di daerah yang jauh dari perkotaan. “Hal ini bisa jadi nilai investasi yang tidak sedikit dan terbukti menghasilkan. Tinggal pemerintahnya yang mengarahkan, mau dengan investor atau badan usaha daerah,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Sutrisno, tidak sedikit perusahaan swasta yang berminat melakukan investasi di sektor listrik di berbagai daerah termasuk Kaltim. Namun demikian yang penting kawasannya jelas, dan proses perizinan mudah.

“Kaltim sudah memiliki Peraturan Daerah tentang Ketenagalistrikan. Ini merupakan peluang dalam menciptakan pemerataan listrik di seluruh kabupaten/kota. Teknisnya, pemerintah bisa menggandeng swasta,” tambahnya.

Untuk itu maka, terlebih dahulu harus ada aturan yang jelas terkait menarik minat investasi dalam penyediaan pasokan listrik berbahan baku sumber daya alam ini. Akan lebih baik, jika turut melibatkan koperasi serta swadaya masyarakat, untuk berpartisipasi di dalamnya.

“Perlu juga dirincikan kewenangan pemerintah daerah dalam investasi tersebut. Seberapa besar porsi pembagian keuntungannya dengan swasta yang menjalankan,” jelasnya. (hms4)

Upayakan Tarik Investasi yang Melalui Sektor Kelistrikan

Rabu, 15/11/2017

Sutrisno Toha

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.