Warga Desa Ritan Baru Kini Sudah Bisa Menikmati Air Bersih


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     2 bulan yang lalu     900 kali
img PERESMIAN : Plt UBupati Edi Damansyah meresmikan penggunaan instalasi pengolahan air bersih di Desa Ritan Baru, Kecamatan Tabang.

TENGGARONG – Warga Desa Ritan Baru kecamatan Tabang saat ini sudah bisa menikmati air bersih, sejak Plt Bupati Kukar Edi Damansyah meresmikan instalasi air bersih Ritan Baru, bantuan dari PT Rea Kaltim Plantation Group di Lamin Adat Desa Ritan Baru, belum lama ini.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Edi Damansyah bersama Presdir PT Rea Kaltim Plantation Group M Syah Japer dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Edi Damansyah, M Syah Japer, Camat Tabang Daleq, dan Kades Ritan Baru Musa Kemiang. Kegiatan tersebut disaksikan Ketua DPRD Kukar Salehuddin dan masyarakat Ritan Baru.

Kades Ritan Baru Musa Kemiang mengatakan merasa bahagia atas bantuan instalasi air bersih dari PT Rea Kaltim Plantation Group. Menurutnya, dengan adanya instalasi air bersih tersebut, tentunya akan merubah budaya masyarakat Ritan Baru, yang biasanya melakukan aktifitas seperti mandi, mencuci, dan kakus (MCK) di Sungai Belayan, namun dengan telah mengalirnya air bersih kerumah-rumah, maka aktifitas MCK bisa dilakukan di rumah. “Bantuan ini tidak saja akan memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun juga merubah kebiasaan masyarakat untuk melakukan MCK disungai, sehingga sungai kami ini menjadi bersih, karena terhindar dari pencemaran limbah rumah tangga,” ujar Musa.

Sementara itu, Camat Tabang Daleq mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh PT Rea Kaltim Apa yang telah dilakukan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut, sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan pembinaan dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Tabang.

“Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, semoga bantuan ini benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat desa Ritan Baru. Dan saya berharap program seperti ini, dapat pula diikuti oleh perusahaan lain yang beroperasi diwilayah Kecamatan Tabang,” kata Daleq.

Sementara itu Plt Bupati Edi Damansyah juga menyambut baik, atas terbangunnya instalasi air bersih di desa Ritan Baru.

“Pemerintah Kukar sangat menghargasi dan megapresiasi terhadap program CSR yang dilakukan oleh PT Rea Kaltim yang telah mengeluarkan dana miliaran dalam membangun instalasi air bersih ini,” ujar Edi 

Ia berharap instalasi air bersih tersebut tidak hanya menunjang kebutuhan masyarakat akan air minum, tetapi juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PAD). Untuk itu, ia meminta bantuan tersebut dapat dimasukkan dalam aset desa dan dikelola dengan baik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Ritan Baru.

“Aset ini harus dikelola oleh BUMdes Ritan Baru guna menambah pendapatan asli desa, jika belum ada segera bentuk. Saya berharap instalasi air bersih ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Ritan Baru secara keseluruhan,” harap Edi Damansyah lagi. (adv/ran/hms)


baca LAINNYA