Komisi II Evaluasi Seluruh Perusahaan Sawit


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 week ago     2.154 kali
img EVALUASI SAWIT : Ketua Komisi II Abdul Kadir saat memberi penjelasan aktivitas sawit.

TENGGARONG - Salah satu fungsi pokok DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ialah fungsi pengawasan. Hal inilah yang akan dilakukan Komisi II DPRD Kukar dalam beberapa waktu kedepan.

Sekretaris Komisi II Abdul Kadir mengatakan akan segera melakukan evaluasi kepada seluruh perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

“Mitra kerja kami di pemerintahan ialah salah satunya Dinas Perkebunan dan OPD lainnya, oleh karena itu dalam waktu dekat kami akan melakukan evaluasi kepada seluruh perusahaan sawit yang beroperasi dan berinvestasi di Kukar,” kata Abdul Kadir kepada Koran Kaltim kemarin.

Kadir sapaan akrabnya mengungkapkan bentuk evaluasi yang akan dilakukan Komisi II dengan OPD terkait sebagai mitra kerja ialah mengkroscek ulang terkait legalitas Hak Guna Usaha (HGU) yang dimiliki oleh setiap perusahaan sawit.

“Semua HGU perusahaan kelapa sawit akan kita evaluasi, baik menyangkut legalitasnya maupun terkait partisipasinya dengan pembangunan di Kutai Kartanegara, begitu pula terkait CSR-nya,” ungkapnya.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, yang patut menjadi catatan penting dalam evaluasi yang dilakukan Komisi II nantinya ialah bagaimana peran serta perusahaan terkait memberikan ruang nyata bagi penduduk asli Kukar dalam hal ketenagakerjaan. Komisi II segera akan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pihak Dinas Perkebunan, dan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

“Kita sudah melakukan beberapa kunjungan ke beberapa perusahaan sawit, tetapi kan perlu ada tindak lanjut lagi di rapat Komisi dan bersama OPD terkait lagi,” tegasnya.

“Intinya adalah kita minta kepada Pemerintah daerah harus ada punishment and reward bagi perusahaan-perusahaan yang tidak berkontribusi dan turut berkontribusi nyata kepada pembangunan Kutai Kartanegara,” imbuh Kadir. (adv/hei) 



loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
9 minutes ago | dibaca 84 kali
img
korankaltim
korankaltim
9 minutes ago | dibaca 103 kali
img