Tempatnya Para Pecinta Seni


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     1 week ago     227 kali
img

LANJONG Art Festival (LAF) merupakan tempat berkumpulnya para pecinta seni. Bagaimana tidak, dari gelaran LAF yang untuk pertama kalinya pada 2009 silam, semua insan seni di Kaltim bahkan nasional dan internasional turut serta dalam agenda dwi tahun perayaan ulang tahun berdirinya Yayasan Lanjong ini.

Pengurus Yayasan Lankong, Ab Asmarandana mengatakan LAF bermula dari agenda rutin di hari jadi Lanjong yang diperingati tiap 31 Januari dengan menampilkan pagelaran seni. Acara diselenggarakan dengan mengundang beberapa komunitas seni di seputaran Kaltim untuk turut tampil sebagai kado hadiah ulang tahun bagi Lanjong.

“Dari hasil diskusi internal terkait LAF pertama lalu maka disepakati untuk menjadikan LAF sebagai festival mandiri, tidak lagi sebagai ajang perayaan ulang tahun Lanjong. Ajang LAF kemudian dimasukkan dalam program tetap dwi tahunan Lanjong,” kata Abuy sapaan akrabnya kepada Koran Kaltim.

Abuy menjelaskan pada ajang LAF V tahun 2017 dengan tema “Sana Sini Seni” format penyelenggaraan eksibisi dan kompetisi seninya akan tetap diadakan sama halnya seperti pada LAF IV pada 2015 lalu, tapi dipermak dengan wajah baru.

Selain akan ber-eksibisi dan berkompetisi, para peserta festival nantinya akan ditempatkan di sebuah ‘kampung seni’, di mana mereka di sana akan tinggal, saling berbagi, membangun jaringan dan berlatih bersama dengan harapan jika kembali ke daerah masing-masing akan semakin kuat dan terus berkembang ke depannya.

“LAF 2017 ini bekerjasama dengan berbagai pekerja seni multidisiplin serta beragam komunitas seni, akan diadakan pula pameran fotografi, instalasi, juga pasar produk kreatif,” jelasnya.

“Semoga penyelenggaraan event LAF tahun ini dapat ikut berperan serta dalam pengembangan ekonomi kreatif dan pelestarian seni-budaya khususnya di Kutai Kartanegara,” imbuh Abuy. (*hei)



loading...

baca LAINNYA