Komisi II DPRD Minta Pemkot Perbaiki Pasar Sepinggan


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     6 bulan yang lalu     2.086 kali
img KOMISI II DPRD Balikpapan saat mengunjungi lantai 2 Pasar Sepinggan yang terbakar, Minggu (16/7) pagi lalu.

BALIKPAPAN-  Komisi II DPRD kota Balikpapan meninjau Pasar Sepinggan Balikpapan Selatan, yang terbakar Minggu (16/7) pagi lalu. Kebakaran mengakibatkan 16 kios pedagang ludes dan lima kios lain terbakar ringan. Akibatnya mereka tidak dapat berjualan. Karena selain lokasi berjualan hangus terbakar ,  atap pasar juga rusak parah.

Ketua Komisi II DPRD Muhammad Taqwa mengatakan, akan memanggil Dinas Perdagangan untuk melakukan inventarisir masalah, dan sudah diusulkan agar segera dicarikan solusi. ”Paling memungkinkan relokasi sementara. Kan ada area parkir, itu bisa dimanfaatkan karena sudah tidak ada area untuk korban kebakaran,” kata Taqwa, didampingi anggota Budiono, Iwan Wahyudi, Sandi Ardian, Doris Eko, dan Gazali.

Seorang pedagang korban kebakaran mengaku barang dagangannya habis terbakar di kios 176 yang ditempati. “Pas musim masuk sekolah, jadi seluruh barang saya bawa semua. Ya terbakar,” kata Muhammad Nur, salah seorang penjual sepatu, sandal dan tas.

Akibat kebakaran ini, dia bersama 16 pedagang tidak lagi dapat berjualan karena sudah tidak ada lokasi maupun barang yang akan dijual. “Belum ada. Belum tahu juga mau dimana. Sejak kebakaran nggak jualan. Biasa omzet Rp1 juta per hari. Tapi pas ramai masuk sekolah itu liburan bisa sampai Rp2 juta,” kata ujar Nur.

Luasan kios yang terbakar ukuran 3 meter x4 meter. Sementara, Aslamuhanah, salah seorang pedagang pakaian yang berjualan sejak 2006 berharap bisa berjualan lagi. “Kalau ada atap kan bisa. Ini kan bolong-bolong. Kalau saya masih bisa diperbaiki pelan-pelan tapi kalau atap ya. Minta atap tolong dibuat bagus. Belum jualan, barang-barang sempat diamankan,” ungkapnya sambil menitikkan air mata.

Dia mengaku belum mendapatkan bantuan Pemkot, “Kemarin belum sempat karena kita bersih-bersih. Ini barang teman, nggak bisa dijual. Kita dengar-dengar ini mau dibangun sama Pemkot. Ya kita didata saja dulu, baru carikan penampungan yang penting bisa jualan sehari-hari,” harapnya.

Terpisah Wali Kota Rizal Effendi mengatakan Pemkot secepatnya akan melakukan perbaikan lokasi pasar yang terbakar. “Kita akan evaluasi. Ada suratnya, nanti PU yang hitung. Anggaran tanggap darurat. Kita lihat dulu angkanya besar nggak. Kalau besar, bisa nggak cukup kan kan?” demikian Rizal. (din/adv)


baca LAINNYA