Yunus Sarankan BBI Cari Lahan Baru


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     3 hari yang lalu     51 kali
img PERLU LAHAN BARU: Kondisi Balai Benih Ikan di Jl Gatot Subroto, Kelurahan Bedungan kondisinya dianggap tidak representatif lagi. Dewan menyarankan agar dicarikan lahan baru.

TANJUNG REDEB - Balai Benih Ikan (BBI) yang terletak di jalan Gatot Subroto Kelurahan Bedungun beberapa tahun terakhir ini intens dipantau DPRD Berau, khususnya Komisi II yang meliputi bidang perikanan. 

Anggota Komisi II M Yunus mengatakan pemantauan itu dilakukan agar kualitas benih ikan selalu terjaga. Apalagi potensi budi daya ikan tambak menjanjikan di Bumi Batiwakkal. 

Sementara sekitar area BBI begitu padat perkembangan pembangunan rumah warga. Sehingga kerap kali lahan BBI diakui warga sekitar apalagi selama bertahun-tahun berdiri tidak dilengkapi pagar pembatas. Melihat fakta yang ada, pihaknya menyarankan BBI secepatnya harus cari lahan baru. 

“Tentunya harapan kami lahan yang lebih luas dan strategi dari lahan yang ada sekarang ini. Sebab apabila dibiarkan maka khawatirnya akan berdampak terhadap operasional BBI ke depannya. Dan kami meminta kalau nanti mencari lahan baru upayakan jauh dari pemukiman,” ujarnya.

“Tahun lalu evaluasi kami di lapangan, BBI  perlu adanya pagar definitif supaya tidak bersengketa sama masyarakat sekitar.Itu sebabnya melalui APBD 2018 ini BBI dipagar keliling itu yang kami pantau realisasi pembangunannya mengisi jadwal kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Maret lalu. Mudah mudahan dengan telah dipagar secara definitif maka lahan yang ada tidak diakui akui warga lagi,” ungkap Yunus.

Selain itu, jalan masuk penangkaran BBI juga telah diremajakan. Sementara untuk pembangunan gapura BBI juga telah dibenahi dan ada beberapa sarana prasarana di BBI itu masih perlu dibangun namun menunggu ketersediaan anggarannya. 

“Jadi sekarang ini yang sifatnya urgen itu yang berupaya dikomunikasikan sehingga bisa diprioritaskan. Harapan kami melalui pembenahan sedikit demi sedikit mampu membawa BBI bisa lebih meningkatkan produksinya ke depan. Memang tidak mudah beroperasi dengan berbagai keterbatasan namun apabila telaten dalam menangani pasti membuahkan hasil lebih baik. Kondisi BBI sebagaimana sekarang ini memang sudah lama dilaporkan ke Instansi terkait yaitu Dinas Kelautan Perikanan Berau, tetapi akibat minimnya anggaran informasi kami terima makanya pembenahan bertahap,” imbuh politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. (ind/adv)

berita TERKAIT


baca LAINNYA