Senin, 16/04/2018

Selamet : Pelayanan Publik, Gerbang Citra Pemerintah

Senin, 16/04/2018

Selamet Ariwibowo

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Selamet : Pelayanan Publik, Gerbang Citra Pemerintah

Senin, 16/04/2018

logo

Selamet Ariwibowo

SAMARINDA – Minimnya kesadaran dalam penerapan pelayanan publik masih menjadi persoalan serius dalam tatanan pemerintah saat ini. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya pelaksanaan lima mandat utama UU Pelayanan Publik, yakni penetapan standar pelayanan dan maklumat pelayanan, mekanisme pengaduan, penguatan penyelenggara layanan, partisipasi dan pengawasan masyarakat, serta pelayanan kelompok berkebutuhan khusus.

Menanggpai hal itu, Anggota DPRD Kaltim, Selamet Ariwibowo mengingatkan agar kinerja pelayanan publik lebih ditingkatkan. “Mereka (pemerintah) saat ini belum sepenuhnya menjalankan mandat konstitusi dengan baik,” sebut dia.

Sebagai penyelanggara, pemerintah dinilainya tidak tegas mengambil sikap dalam menolak tekanan kepentingan pasar yang merugikan pemenuhan pelayanan kepada warga negaranya. “Masalah pelayanan publik ini merupakan persoalan yang seharusnya bisa menjadi prioritas dalam pembenahan kinerja kepemerintahan. Karena ini adalah cermin dari kinerja pemerintah baik di provinsi maupun di kota dan kabupaten,” sebut Selamet.

Pelayanan publik menurut Politikus PKB ini, merupakan ujung tombak dari perangkat kerja pemerintah, jadi sudah seharusnya pelayanan publik yang kurang baik, khususnya di Kaltim menjadi evaluasi dari kepala pemerintah.

Selamet menilai, gerakan reformasi birokrasi yang sudah berjalan pada saat ini terbukti masih belum menunjukkan tajinya. Kualitas sektor pelayanan publik di antaranya, dinilai masih rendah. “Kalaupun ada sejumlah pelayanan publik yang bagus, hanya ada di daerah-daerah tertentu saja,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah daerah bisa lebih meningkatkan kembali kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Dengan seimbangannya pembangunan, diharapkan pula pelayanan publik juga dapat berjalan dengan maksimal. “Pelayanan publik merupakan gerbang terdepan bagi citra pemerintah di mata masyarakat ,” tutup Selamet. (adv/hms6)


Selamet : Pelayanan Publik, Gerbang Citra Pemerintah

Senin, 16/04/2018

Selamet Ariwibowo

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.