Jumat, 13/04/2018

Jadi PPATS, Camat Berjanji Tuntaskan Sertifikasi Tanah Masyarakat

Jumat, 13/04/2018

Karlina

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

Jadi PPATS, Camat Berjanji Tuntaskan Sertifikasi Tanah Masyarakat

Jumat, 13/04/2018

logo

Karlina

SENDAWAR -  Sehari setelah dilantik oleh Bupati Kutai Barat (Kubar) FX Yapan menjadi Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS), Camat Siluq Ngurai, Karlina mengaku akan mempercepat kinerja pelayanan masyarakat di bidang pertanahan.

Karlina menyebut dia akan memudahkan pelayanan kepengurusan sertifikat tanah bagi masyarakat Kecamatan Siluq Ngurai sehingga dalam tahun ini masyarakat pemilik lahan dikawasan itu akan memiliki sertifikat tanah hak milik.

“Target minimal awal tahun ini, 50 Sertifikat tanah warga akan kita selesaikan. Saya usahakan sampai akhir 2018 ini sertifikat tanah masyarakat di Kecamatan Siluq Ngurai akan beres semua,” terangnya kepada Koran Kaltim, Kamis (12/4) di Sendawar.

Karlina mengakui, selama ini masalah yang dihadapi warga adalah sulitnya mengurus sertifikat tanah. Utamanya terkait biaya mengurus sertifikat selama ini belum ada standarnya.

“Mulai saat ini sudah ada standarisasi biaya seragam se-Kubar. Proses awal dari ketua rukun tetangga (RT), selanjutnya kampung dan kecamatan menurunkan tim pengukuran. Kemudian RT membuat surat ditandatangani petinggi kampung, terakhir  kecamatan sebagai pejabatnya,” jelasnya.

“Kami berharap semua masyarakat di kampung mempunyai sertifikat tanah sehingga bisa patuh membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Masyarakat agar proaktif mengurus sertifikat tanahnya,” tukas Karlina.

Sekedar diketahui, Kecamatan Siluq Ngurai meliputi 6 kampung, berpenduduk 1.661 kepala keluarga, tediri 5.960 jiwa. Kecamatan Siluq Ngurai berjarak 60 kilometer dari Ibukota Sendawar, dengan jumlah total 1.665 rumah penduduk. (imr)

Jadi PPATS, Camat Berjanji Tuntaskan Sertifikasi Tanah Masyarakat

Jumat, 13/04/2018

Karlina

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.