Kamis, 12/04/2018

Kampung Kutai Bensamar Diresmikan

Kamis, 12/04/2018

DIRESMIKAN: Kampong Kutai Bensamar resmi terbentuk.

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Kampung Kutai Bensamar Diresmikan

Kamis, 12/04/2018

logo

DIRESMIKAN: Kampong Kutai Bensamar resmi terbentuk.

TENGGARONG - Pada Sabtu(7/4) lalu, kampung Kutai Dusun Bensamar Kelurahan Loa Ipuh Darat kecamatan Tenggarong resmi terbentuk. Peresmian dilakukan Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, didampingi Camat Tenggarong Jon Hariansyah, Kadispar Sri Wahyuni, serta perwakilan OPD lingkup pemkab Kukar.

“Alhamdulillah, Kampong Kutai Bensamar resmi terbentuk,”kata Lurah Loa Ipuh Darat, AR Ambo Dalle, kepada Koran Kaltim kemarin. 

Ambo menambahkan, luas wilayah Dusun Bensamar mencapai 2.500 hektare terbagi menjadi tiga RT, yang ditinggali 449 jiwa. Dusun Bensamar sudah berumur 400 tahun sejak zaman kepemimpinan Raja Adji Sultan Muhammad. Sangat layak dijadikan kampong Kutai sebagai pewaris dan pelestari kearifan lokal.

“Tujuan dibentuknya Kampong Kutai, untuk melestarikan budaya adat Kutai sebagai salah satu kekayaan budaya nasional, dengan visi Bensamar yang kompak, ulet, tertib, aman, indah, bersih, agamis dan sejahtera,”ujarnya.

Ambo menambahkan, yang akan dilakukan adalah memelihara dan meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur Dusun Bensamar, dan akan meningkatkan perekonomian masyarakat dengan semangat gotong royong. 

“Penguatan jaringan akan dilakukan dengan bekerjasama dengan Dispar Kaltim dan Kukar, Kecamatan Tenggarong, internal kelurahan, lembaga adat dan tokoh masyarakat, semoga Kampong Kutai Bensamar semakin berkembang,”paparnya.

Edi Damansyah mengatakan, ditetapkannya Dusun Bensamar menjadi Kampong Kutai bakal menambah destinasi wisata Kukar khususnya di Tenggarong. Potensi wisata harus dikembangkan lagi.

“Di Dusun Bensamar bisa dikembangkan wisata religi, infrastruktur sudah mendukung, karena jalan menuju dusun tersebut sangat bagus. Cuma yang belum terpenuhi sarana air bersih dan kelistrikan saja, dalam waktu dekat akan kita koordinasikan dengan perusahaan melalui program CSR,”katanya. (adv/ran)

Kampung Kutai Bensamar Diresmikan

Kamis, 12/04/2018

DIRESMIKAN: Kampong Kutai Bensamar resmi terbentuk.

Berita Terkait


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.