Kaltim Fokus Cetak Sawah


korankaltim
korankaltim
Koran Kaltim     4 bulan yang lalu     1.062 kali
img SAWAH BARU: Ibrahim saat meninjau kawasan cetak sawah di Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan Berau.

BIATAN - Kaltim dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk tahun anggaran 2017 mendapat jatah buka lahan atau cetak sawah baru seluas 2 ribu hektar. Jatah cetak lahan sawah baru terdiri Kabupaten Paser seluas 1.000 hektar serta Kabaupaten Berau dan Kutai Timur masing-masing 500 hektar.

Jatah cetak sawah baru APBN ini diungkapkan Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim H Ibrahim di sela kunjungan kerja di Desa Biatan Ilir Kecamatan Biatan Kabupaten Berau, Kamis (14/12).

Menurut dia, cetak sawah baru maupun kegiatan perluasan sawah sebagai upaya mewujudkan program prioritas Gubernur Awang Faroek untuk mencapai swasembada pangan khususnya beras di Kaltim. 

Karenanya, DPTPH Kaltim fokus bersama tiga kabupaten dari tujuh daerah untuk pengembangan tanaman pangan seperti padi dan Berau merupakan salah satu sentra pangan yang potensial untuk Kaltim. 

“Biatan ini menjadi salah satu kawasan untuk cetak sawah baru sekitar 100 hektar. Berau target 500 hektar dan saat ini mencapai 324 hektar,” sebutnya.  

Ibrahim mengemukakan tidak tercapainya 500 hektar cetak sawah baru atau kegiatan perluasan sawah di Berau sebab masih ada lahan yang dinilai belum clear and clean, sehingga kegiatàn difokuskan pada lahan-lahan yang sudah jelas statusnya. 

Capaian 324 hektar untuk Berau dilaksanakan di Kecamatan Sambaliung terdiri Kampung Sei Bebanir Bangun 69 ha dan Kampung Gurimbang 50 ha serta Kampung Tanjung Perangat 50 ha. 

Selain itu, Kecamatan Teluk Bayur di Kampung Labanan Jaya 55 ha dan Kampung Biatan Ilir Kecamatan Biatan 100 ha yang dikerjakan lima kelompok tani. Kegiatan swakelola untuk cetak sawah dari APBN tahun anggaran 2017 dikerjasamakan dengan jajaran TNI baik Zeni Anggatan Darat maupun Korem 091 ASN. 

“Tahun ini kita fokuskan cetak sawah bersama TNI dan pemerintah daerah. Berikutnya bisa dikembangkan di kabupaten lainnya di Kaltim,” ujar Ibrahim. 

Peninjauan ke lahan cetak sawah di Biatan didampingi Pasiter Kodim 0902 Tanjung Redep Letnan Satu CZI Yusuf Zarkasih dan Danramil Kecamatan Biatan, Kepala BPP Kecamatan Biatan Sumadi serta ketua poktan Kecataman Biatan. (yans/sul/ri/adv)


berita TERKAIT


baca LAINNYA